You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

MERTI PADUKUHAN SINDUTAN A

Administrator 30 Mei 2023 Dibaca 991 Kali
MERTI PADUKUHAN SINDUTAN A

SINDUTAN - Minggu 14 Mei 2023 telah dilaksanakan Merti Padukuhan Sindutan A. Acra Merti Padukuhan tersebut merupakan bentuk rasa syukur warga masyarakat Padukuhan Sindutan A atas limpahan rejeki, kesehatan dan keselamatan dan juga perlindungan dari Allah.

Merti Padukuhan Sindutan A mengambil tema "Rame Ing Gawe Sepi Ing Pamrih Mbangun Padukuhan" yang artinya Bersama - sama bekerja tanpa pamrih/imbalan dalam membangun Padukuhan agar semakain maju dan berkualitas.

Merti Padukuhan Sindutan A di hadiri oleh Dinas Kabudayaan, Panewu Temon, Kapolsek Temon atau yang mewakili, Danramil Temon atau yang mewakili, Lurah Sindutan beserta Pamong, Ketua BPK beserta Anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tamu undangan dan seluruh masyarakat yang hadir.

Acara diawali dengan upacara adat dilanjutkan Kirab, prosesi pemberangkatan Kirab oleh Dinas Kabudayaan Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Ibu Rudiyatin, S.Pd,.M.Pd. Dalam Kirab tersebut terdapat 3 (tiga) Gunungan yaitu Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur dan juga 4 (empat ) Tenong Ingkung. Diarak mengelilingi Padukuhan Sindutan A dengan di arak oleh seluruh warga masyarakat dan di kawal oleh Bergodo Drum Band Aditya Karya dari Karang Taruna Padukuhan Sindutan A.

Berikut adalah susunan acara Merti Padukuhan Sindutan A :

  1. Upacara Adat dimulai pukul 13.00 WIB
  2. Pukul 13.05 – 13.45 Prosesi Pelepasan Kirab Budaya, Kirab Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur dan 4 (empat ) Tenong Ingkung oleh Dinas Kebudayaan yaitu Ibu Rudiatin,S.Pd.,MPd. Kirab Budaya diiringi oleh Drum Band Pemuda Aditya Karya Pad. Sindutan A.

Tamu undangan menunggu kirab kembali ke lokasi ditemani dengan hiburan yaitu Angklung Sinde Laras dan menikmati hidangan.

  1. Pukul 13.45 – 14.15 WIB Kirab sampai Kembali ke lokasi dan Istirahat. Ditemani pentas Tari Anak TK Masyitoh II , dan Dolanan Anak. Selanjutnya pentas Tari Burung Dadali dari Anak – Anak Padukuhan Sindutan A.
  2. Pukul 14.15 WIB – 14.20 WIB Pembukaan dengan berdoa bersama oleh Pembawa Acara dan Menyanyikan Lagu Wajib Indonesia Raya yang dipandu oleh Ibu Rina Widyaningsih.
  3. Pukul 14.20 WIB – 14.45 WIB Sambutan dari Bapak R Edi Guntoro selaku Ketua Panitia Merti Padukuhan, selanjutnya sambutan dari Bapak R Sumarwanto selaku Lurah Sindutan. Dilanjutkan sambutan dari Bapak Drs.Agus Hidayat,M.Si selaku Panewu Temon dan sambutan terakhir yaitu Ibu Rudiatin,S.Pd,.M.Pd selaku perwakilan dari Dinas Kabudayaan Kabupaten Kulon Progo.
  4. Pukul 14.45 – 14.50 WIB acara selanjutnya yaitu Umbul Donga / doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Sahlan.
  5. Pukul 14.50 – 15.15 WIB dilanjutkan dengan Kembul Bujana/Makan Bersama.
  6. Pukul 15.15 – 15.30 WIB acara dilanjutkan dengan pengambilan Gunungan Secara Simbolis oleh Panewu Temon dan juga Dinas Kebuyaan Kulon Progo. Dilanjutkan dengan rebut gunungan oleh seluruh warga masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.
  7. Setelah acara inti selesai dilanjutkan dengan pahargyan dengan menampilkan kesenian angklung Sindelaras. Acara ditutup pukul 16.00 WIB dengan doa bersama.

Acara berjalan dengan lancar, seluruh tamu undangan dan seluruh masyarakat sangat menikmati. Semoga kita semua senantiasa dalam Lindungan Allah dan dilimpahkan rejeki yang berkah dan berlimpah. Aamiin.....

Merti Padukuhan Sindutan A.... Luar Biasaaa... Luarr Biasaaaa...

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image