You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

MERTI PADUKUHAN SINDUTAN B

Administrator 27 Maret 2023 Dibaca 902 Kali
MERTI PADUKUHAN SINDUTAN  B

SINDUTAN - Minggu (19/3) telah dilaksankan Upacara Adat dan Tradisi Merti Padukuhan Sindutan B. Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga Padukuhan SIndutan B dan dihadiri dari Dinas Kundha Kabudayan Kulon Progo, Panewu Temon, Pamong Kalurahan Sindutan dan tamu undangan. Acara Merti Padukuhan diawali dengan Kirab Budaya Pasukan Bergodo Gunung Lanang, Kirab Gunungan Hasil Bumi. Dilanjutkan dengan doa bersama bagi kesejahteraan dan keselamatan seluruh warga. Adapun Merti Padukuhan ini diharapkan juga dapat mendorong tumbuh kembang serta pemberdayaan ekonomi dalam kemandirian budaya untuk mendukung Keistimewaan Yogyakarta.

Rangkaian acara Merti Padukuhan SIndutan B sebagai berikut 

  1. Upacara Adat dimulai pukul 13.00 WIB, diawali dengan berdoa bersama dipimpin oleh MC
  2. Pukul 13.05 – 13.15 WIB, sambutan Lurah Sindutan
  3. Pukul 13.20 – 13.25 WIB acara penyerahan/ Lung Tinampen dari Bregada Gunung Lanang kepada Lurah Sindutan, dilanjutkan Kirab
  4. Pukul 13.25 WIB prosesi Kirab budaya beserta gunungan sayur-mayur, gunungan buah-buahan, gunungan padi, gunungan apem, dan tumpeng.
  5. Pukul 14.05 – 14.10 WIB acara pelaporan Bregada Gunung Lanang kepada Lurah Sindutan bahwa prosesi Kirab budaya telah selesai. 
  6. Pukul 14.15 – 14.30 WIB istirahat dengan diselingi penampilan angklung TK PKK Among Putra dan tari tradisional dari Dimas-Diajeng.
  7. Pukul 14.35 – 16.00 WIB acara dilanjutkan dengan Umbul Donga/ doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Zainal Suhudi. Setelah Umbul donga dilanjutkan dengan pengambilan gunungan dan Kembul Bujana/ makan bersama.
  8. Setelah acara inti selesai dilanjutkan dengan pahargyan dengan menampilkan kesenian angklung Sindelaras.
  9. Acara ditutup pukul 16.15 WIB dengan doa bersama.
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image