You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

MERTI PADUKUHAN BAYEMAN

Administrator 31 Mei 2023 Dibaca 997 Kali
MERTI PADUKUHAN BAYEMAN

SINDUTAN - Minggu 21 Mei 2023 warga masyarakat Padukuhan Bayeman, Kalurahan Sindutan, Kapanewon Temon telah melaksanakan Upacara Adat dan merti Padukuhan Bayeman. Acara dihadiri oleh Dinas Kabudayaan Kabupaten Kulon Progo, Pnewu Temon, Kapolsek Temon atau yang mewakili, Danramil Temon atau yang mewakili,  Lurah Sindutan beserta Pamong, Ketua BPK Sindutan beserta anggotanya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tamu undangan dan warga msyarakat.

Merti Padukuhan di awali dengan pelepasan Kirab yang di berangkatkan oleh Bapak Radi selaku tokoh masyarakat di Padukuhan Bayeman dan di dampingi oleh Panewu Temon. Adapun yang ikut kirab yaitu 3 (tiga) Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur, tidak lketinggalan juga Nasi Tumpeng, Tenong Ingkung, dan Kambing Guling. Kirab Budaya diiringi oleh Bergodo Eyang Bayem, Bujang Perawan Bayeman, Tokoh Masyarakat/sesepuh, Grup grup kesenian seperti Incling Sekar Gulang, Angguk Sindutan Asri, Jatilan Turonggo Arga Jalu dan Grup Hadrah ASGL ( Anak Soleh Gunung Lanang), dan diikuti Masyarakat Bayeman.

Berikut adalah susunan acara Merti Padukuhan Bayeman :

  1. Upacara Adat dimulai pukul 10.00 WIB ( pukul 09.30 sebagian warga sudah siap untuk berkirab disebelah barat lapangan voli Bayeman/ tempat start)
  2. Pukul 10.00 – 10.15 Prosesi Pelepasan Kirab Budaya, Kirab Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur dan Nasi Tumpeng, dan Tenong Ingkung oleh sesepuh Padukuhan Bayeman yaitu Bapak Radi didampingi oleh Panewu Temon Kirab Budaya diiringi oleh Bergodo Eyang Bayem, Bujang Perawan Bayeman, Tokoh Msyarakat/sesepuh, Grup grup kesenian seperti Incling sekar gulang, Angguk Sindutan Asri, Jatilan Turonggo Arga jalu dan Grup hadrah ASGL ( Anak Soleh Gunung Lanang), dan diikuti Masyarakat Bayeman.
  3. Pukul 11.15 – 11.25 WIB Kirab sampai Kembali ke lokasi, meletakkan gunungan dan istirahat sebentar dilanjutkan acara. Pembawa acara diisi oleh Sdr Arif Hidayat dan Sdri Kristiani.
  4. Pukul 11.25 WIB – 11.30 WIB Pembukaan dengan berdoa bersama ooleh Pembawa Acara dan Menyanyikan Wajib Lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Kristiani
  5. Pukul 11.30 WIB – 11.50 WIB Sambutan dari Bapak Zamzuli selaku Ketua Panitia Merti Padukuhan, dilanjutkan sambutan dari ibu Kunda Budaya yaitu Ibu Rudiatin, S.Pd. M.Pd. Dilanjutkan sambutan dari Bapak Drs.Agus Hidayat,M.Si selaku Panewu Temon. Dan diakhiri dengan penyampaian dumadining padukuhan Bayeman oleh Bapak Rakan Sudiwijoyo.
  6. 50 WIB – 12.10 WIB Acara skors sebentar untuk menampilkan ketrampilan Angklung dan tari bebek oleh anak-anak TK setempat.
  7. Pukul 12.10 – 12.50 WIB acara selanjutnya yaitu Umbul Donga / doa bersama yang dipimpin oleh dua tokoh agama yaitu dari Agama Islam diwakili oleh Bapak Ahmad Husain Ainurrofiq dan dari Tokoh Kristiani dipimpin oleh Bapak JB. Heru Nuryono.
  8. Pukul 12.50 – 13.00 WIB dilanjutkan dengan Kembul Bujana/Makan Bersama.
  9. Sambil menikmati Hidangan Makan bersama ditampilkan Hadrah ASGL ( Anak Soleh Gunung Lanang)
  10. Pukul 13.00 – 13.20 WIB acara dilanjutkan dengan pengambilan Gunungan Secara Simbolis oleh Panewu Temon dan juga Dinas Kebuyaan Kulon Progo. Dilanjutkan dengan rebut gunungan oleh seluruh warga masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.
  11. Setelah acara inti selesai dilanjutkan dengan pahargyan dengan menampilkan kesenian angguk sindutan asri, dan dilanjutkan dengan penampilan jatilan Turonggo Arga jalu, dan acara puncak diisi incling Sekar Gulang sampai pukul 17.00 WIB

Warga Masyarakat sangat antusias dengan adanya acara Merti Padukuhan. Karena bentuk syukur Kepada Allah atas rejeki yang berlimpah, badan yang sehat dan lingkungan yang aman.

Bayeman... Mantap.. Mantap.... Mantap.....

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image