You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

BANK SAMPAH PEDUKUHAN PANGINAN

Administrator 14 Juni 2022 Dibaca 1.199 Kali
BANK SAMPAH PEDUKUHAN PANGINAN

Pernahkah kita memanfaatkan sampah yang dihasilkan setiap hari di rumah kita? jangankan memikirkan untuk memanfaatkan, terpikirkan saja mungkin tidak ya. Apabila dilakukan pasti hasilnya sangat fantastis. Tahukah kamu? Bahwa sampah organik yang setiap hari kita hasilkan dari dapur seperti kulit jeruk, kulit bawang, sayuran busuk, dan lainnya ketika dibuang dan akan membusuk akan menghasilkan karbondioksida dan gas metana. 

Warga Pedukuhan Panginan Kalurahan Sindutan Kapanewon Temon untuk peduli dengan lingkungan sekitar mempunyai kegiatan yaitu mendaur ulang sampah dapur atau sering disebut Eco Enzym. Untuk Kegiatan Bank Sampah sudah berjalan dari tahun 2011 dan untuk kegiatan Eco Enzym mulai dari bulan Februari tahun  2022. 

Eco Enzym adalah larutan multi fungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi. Yaitu fermentasi dari sampah organik buah - buahan dan sayur - sayuran dan bahan lainnya. Untuk lama fermentasi yaitu 3 (tiga) bulan, untuk Pedukuhan Panginan membuat Eco Enzym bulan Februari kemudian panen di bulan Mei.

Hasil dan manfaat Eco Enzym sebagai berikut ,yaitu menghasilkan pupuk cair, obat tradisional, pewangi pakaian. Kemudian di bidang pertanian yaitu untuk menyiram tanaman, di bidang peternakan untuk menghilangkan bau amis dan bau lainnya, menjadi pewangi pakaian dan masih banyak lagi.

Dari warga Pedukuhan Panginan kita belajar, bahwa betapa pentingnya kita peduli dengan lingkungan sekitar dan tentu saja peduli dengan sesama. Semoga dapat menjadikan motivasi bagi Pedukuhan lainnya.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image