You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

MERTI PADUKUHAN DUKUH

Administrator 01 Maret 2023 Dibaca 942 Kali
MERTI PADUKUHAN DUKUH

SINDUTAN - Pada hari Minggu tanggal 26 Februari 2023 telah dilaksanakan acara Merti Padukuhan Dukuh, Kalurahan Sindutan yang berlokasi di Lapangan Volly Padukuhan Dukuh Kalurahan Sindutan.

Merti Padukuhan merupakan Upacara Adat yang mungkin bisa dikatakan hampir punah tapi tidak asing ditelinga kita semua. Di Padukuhan Dukuh, Kalurahan Sindutan Merti Padukuhan atau bersih desa tetap dilaksanakan setiap tahunnya, karena merupakan simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan karunia-Nya. Bermacam - macam karunia yaitu limpahan rejeki, kesehatan, keselamatan, dan ketentraman hidup. Tradisi ini tidak hanya untuk menentramkan hati namun juga rasa bangga atas ragam kekayaan budaya di Negeri Indonesia. Istilahnya Nguri Uri Budaya Jawa.

Berikut adalah Susunan Acara Merti Padukuhan Dukuh, Kalurahan Sindutan.

  1. Upacara Adat dimulai pukul 13.00 WIB dengan berdoa bersama.
  2. Pukul 13.15 WIB – 13.25 WIB Sambutan Ketua Panitia Merti Padukuhan yang disampaikan oleh Bapak H. Asrorudin. S.Pd.I
  3. Pukul 13.25 WIB – 13.40 WIB sambutan Lurah Sindutan yang disampaikan oleh Bapak R. Sumarwanto.
  4. Pukul 13.40 WIB – 14.00 WIB Sambutan Panewu Temon yang disampaikan oleh Bapak Drs. Agus Hidayat,M.Si dan sambutan Kundha Kabudayan yang disampaikan oleh Ibu Rudiatin.
  5. Pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB prosesi kirab budaya beserta gunungan sayur mayur, gunungan buah – buahan, gunungan apem, gunungan pari dan tumpeng.

 Setelah acara kirab selesai dilanjutkan dengan umbul donga / doa bersama yang dipimpin oleh Bapak KH. Muntachob Basya, M.Si. Setelah umbul donga dilanjutkan dengan kembul bujana / makan bersama.

  1. Setelah acara inti selesai, dilanjutkan pahargyan dengan menampilkan kesenian tari anak, Genjrengan Sabilunajah dan Incling Kreasi Baru Dukuh.

Warga masyarakat Padukuhan Dukuh sangat antusias dalam menyelenggarakan acara Merti Padukuhan. Semoga selalu dalam limpahan karunia Tuhan Yang maha Kuasa. Aamiin.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image