You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan  SINDUTAN
Kalurahan SINDUTAN

Kap. TEMON, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

SELAMAT DATANG DI WEB RESMI KALURAHAN SINDUTAN, KAPANEWON TEMON, KABUPATEN KULON PROGO

MERTI PADUKUHAN PLEMPUKAN

Administrator 31 Oktober 2023 Dibaca 394 Kali
MERTI PADUKUHAN PLEMPUKAN

SINDUTAN - Minggu, 10 September 2023 telah dilaksanakan kegiatan Merti Padukuhan Plempukan. Acara tersebut merupakan bentuk rasa syukur Kepada Allah atas limpahan kesehatan, riski dan keselamatan. Tema Merti Padukuhan yaitu "Gumrigah Nyawiji Mujudake Rukun Agawe Santoso".

Merti Padukuhan Plempukan di hadiri Dinas Kabudayaan, Panewu Temon, Kapolsek Temon atau yang mewakili, Danramil Temon atau yang mewakili, Lurah Sindutan beserta Pamong, Ketua BPK beserta Anggota, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tamu undangan dan seluruh masyarakat yang hadir. Warga masyarakat yang begitu antusias membuat Ingkung Ayam Kampung sejumlah 46 ekor.

Acara diawali dengan upacara adat dilanjutkan Kirab, prosesi pemberangkatan Kirab oleh Dinas Kabudayaan Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Ibu Rudiyatin, S.Pd,.M.Pd. Dalam Kirab tersebut terdapat 3 (tiga) Gunungan yaitu Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur dan juga 4 (empat ) Tenong Ingkung. Diarak mengelilingi Padukuhan Plempukan dengan di arak oleh seluruh warga masyarakat.

Berikut susunan acara Merti Padukuhan Plempukan :

  1. Upacara Adat dimulai pukul 13.00 WIB, pukul 13.15 sebagian warga sudah siap untuk berkirab.
  2. Pukul 13.00 – 14.00 Prosesi Pelepasan Kirab Budaya, Kirab Gunungan Padi dan Palawija, Gunungan Buah – Buahan, Gunungan Sayur - Mayur , dan Tenong Ingkung oleh sesepuh Padukuhan Plempukan yaitu Bapak Asror didampingi oleh Panewu Anom Temon dan Lurah Sindutan. Kirab Budaya diiringi oleh Bergodo bendera, Jathilan anak,Punakawan, Tokoh Masyarakat dan berbagai unsur warga Padukuhan Glaheng.
  3. Pukul 14.00 – 14.15 WIB Kirab sampai Kembali ke lokasi, meletakkan gunungan dan istirahat sebentar diiringi oleh Kesenian Angklung Sinde Laras.
  4. Pukul 14.15 WIB – 14.30 WIB Pembukaan dengan berdoa Bersama.
  5. Pukul 14.30 WIB – 15.00 WIB Sambutan dari Kunda Budaya yaitu Ibu Rudiatin, S.Pd. M.Pd.
  6. Pukul 15.00 WIB – 15.15 WIB Acara menampilkan tarian anak dan dolanan anak,.
  7. Pukul 15.15 – 15.30 WIB acara selanjutnya yaitu Umbul Donga / doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Syamsuri
  8. Pukul 15.30 – 16.00 WIB dilanjutkan dengan Kembul Bujana/Makan Bersama.
  9. Sambil menikmati Hidangan Makanan bersama ditampilkan Jathilan anak dan Tari kreasi.
  10. Pukul 16.00 – 16.20 WIB acara dilanjutkan dengan pengambilan Gunungan Secara Simbolis oleh Panewu Temon dan juga Dinas Kebuyaan Kulon Progo. Dilanjutkan dengan rebut gunungan oleh seluruh warga masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.
  11. Setelah acara inti selesai dilanjutkan dengan pahargyan dengan menampilkan kesenian angklung sinde laras sampai selesai.                  

Acara Merti Padukuhan Plempukan berjalan dengan lancar dan aman. Warga masyarakat Padukuhan Plempukan sangat antusias dalam acara Merti Padukuhan. Harapan kedepannya semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image